Meningkatkan Kualitas Program Sekolah Melalui Bimtek Penyusunan RKAS BOS

Meningkatkan Kualitas Program Sekolah Melalui Bimtek Penyusunan RKAS BOS

GANGGAWA INSTITUTE
- Kualitas pengembangan sekolah salah satunya dipengaruhi oleh kualitas perencanaan melalui penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah. Kendala yang selama ini dihadapi akan dilakukan perbaikan sehingga dapat berubah menjadi kekuatan. 

Tim pengembang sekolah menginventaris semua kelemahan dan tantangan agar program yang disusun memberikan dampak yang besar bagi pengembangan sekolah.

Dengan begitu kegiatan yang disusun bukan merupakan daftar keinginan akan tetapi lebih focus untuk mengatasi kelemahan dan tantangan yang menghambat pencapaian tujuan sekolah. 

Karenanya penting bagi tim pengembang sekolah untuk menyusun program prioritas untuk dipenuhi terlebih dahulu. Program priotitas bersifat program yang mendesak untuk dipenuhi dan memberikan dukungan pada pelaksanaan program selanjutnya.

Pengelolaan sekolah berpedoman pada program yang telah disusun bersama dengan disesuaikan pada kemampuan penganggaran yang ada. Meskipun anggarannya kecil namun jika dekelola dengan efektif akan memberikan dampak yang besar bagi kemajuan sekolah. 

RKAS merupakan gambaran rencana sekolah dalam satu tahun untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaran menjadi lebih baik lagi. Semua kegiatan di sekolah bermuara pada pencapaian tujuan karena berpijak pada program yang efektif.

Tim pengembang sekolah memahami dengan baik kemampuan pendanaan sekolahnya. Hanya kegiatan yang menjadi skala prioritas saja yang akan dituangkan dalam RKAS. Sehingga tahapan pencapaian tujuan dapat dengan mudah diukur dan dievaluasi progresnya. 

Mekipun demikian tim pengembang sekolah juga berpeluang untuk mendapatkan dana dari sumber lain seperti alumni, industri, orangtua siswa, dan masyarakat dengan tidak mengikat.

Selanjutnya diakhir tahun rencana kerja akan dievaluasi sehingga kegiatan yang tidak relevan atau tidak dilaksanakan akan dilakukan perubahan. Tim pengembang sekolah akan merumuskan kembali kegiatan yang relevan sehingga tidak ada lagi kegiatan yang tidak terlaksan yang berakibat ada saldo anggaran.

Sumber: Gurusiana.id

Posting Komentar